Jumat, 29 Juli 2011

UKM, Dongkrak Nilai Akademik?

DUNIA perkuliahan tidak melulu soal duduk di kelas, membantu dosen, atau hang out di kantin untuk sekadar melepas tawa. Namun, dunia perkuliahan juga identik dengan sederet aktivitas kemahasiswaan di luar dunia akademik.
Beragam unit kegiatan mahasiswa (UKM), atau yang lebih tenar dengan nama ekstrakulikuler, bisa dianggap sebagai pendongkrak nilai akademik atau bahkan sebaliknya, membuat nilai akademik menjadi jeblok karena terlalu sibuk mengurusi ekstrakulikuler.

Dianggap sebagai mendongkrak nilai akademik mahasiswa jika UKM tersebut berhubungan dengan mata kuliah tertentu di kampus. Tentu UKM tersebut akan banyak mengadopsi ilmu-ilmu di luar pelajaran mata kuliah untuk kemudian ditularkan kepada anggota UKM.

Sebut saja Dwita Lestari, 19, seorang mahasiswi di sebuah perguruan tinggi negeri Indonesia. Dia mengaku, pada semester tiga lalu, mendapat indeks prestasi (IP) empat lantaran kegiatan UKM yang diikuti membantu mendongkrak nilai IP-nya.

“Aku mendapat IP sempurna pada semester tiga lalu. Kebetulan UKM yang aku suka dan ikuti adalah fotografi, namanya Obscura. Selama menjadi anggota, aku dibekali ilmu yang lebih up date daripada saat kuliah,” ujar mahasiswi berparas cantik Jurusan Komunikasi ini.

Lebih lanjut, mahasiswi tingkat akhir ini menambahkan, kesenangan terhadap mata kuliah, turut pula mendongkrak nilai akademiknya. “Dari semua mata kuliah yang aku dapat, fotografilah yang paling menyedot perhatian. Pasalnya, sejak kecil aku sangat suka memotret, terutama yang berbau human interest,” ujarnya.

“Maka, pada mata kuliah fotografi publikasi yang memang difokuskan untuk memotret masalah kemanusiaan, aku mampu mendapat nilai sempurna yaitu, A,” paparnya.

Ita sapaan akrab Dwita mengaku, mendapat manfaat lain dengan mengikuti UKM. Di samping mendapat ilmu yang jauh lebih mendalam, dia juga mendapat banyak relasi baru.

“Di UKM ini, aku mendapat beragam karakter manusia yang nantinya membantu aku dalam mendewasakan sikap. Jadi, banyak sekali keuntungan yang didapat selama mengikuti UKM, terutama jika kita mampu membagi waktu antara fokus kuliah dan UKM,” ucapnya seraya tersenyum. (mg3/wida)
(Koran SI/Koran SI/rhs).www.okezone.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

bgaimana cara masuk ukm fotografi...
apasajakah persaratanya,,

Posting Komentar