Jumat, 29 Juli 2011

Pede Kunci Mahasiswa Melangkah ke Dunia Global

Marieska Harya Virdhani
DEPOK – Sejak duduk di bangku kuliah, mahasiswa harus mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan dunia kerja. Tujuannya agar menjadi pekerja yang siap pakai, intelektual, dan kompetitif dengan para pekerja asing.

“Kepercayaan diri  (Pede) menjadi suatu modal utama untuk bersaing di dunia internasional. Ada berbagai pembekalan yang harus dimiliki mahasiswa, seperti energi dan antusiasme yang harus didukung dengan penampilan yang prima,” kata Senior Brand Manager Rexona, Satria Utama mengatakan, di hadapan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) dalam acara bertema A Step to Global Confidence, di  FE UI, Depok, Selasa (12/07/11).

Career Coach Rene Suhardono mengatakan, para pekerja Indonesia lulusan universitas, terbukti belum siap menghadapi persaingan global. Terlihat dengan tingkat penyerapan lowongan kerja di bawah sepuluh persen pada 2010.

“Mereka kurang dalam tiga hal, yakni kepercayaan diri, daya pikir beragam, dan kemampuan berkomunikasi. Padahal secara konten, masing-masing mereka sudah sangat baik. Karier itu butuh passion,” jelas Rene.

Hal yang sama juga dituturkan Psikolog, Ratih Ibrahim. Menurutnya, persaingan terbesar bagi generasi muda masa kini adalah persaingan global. “Untuk mencapai kesuksesan, diperlukan sejumlah modal, yakni kepercayaan diri, mimpi, gairah, dan sikap. Sering kali kita dengar mahasiswa juga harus melengkapi diri dengan 3B, brain, beauty, dan behavior,” tandas Ratih.

0 komentar:

Posting Komentar